Lensa

Dunia dalam genggaman, komunikasi tak lagi mengenal batas dan ruang. Awal teknologi adalah sebuah keniscayaan dan terbukti seiring dengan menuanya zaman. Selamat datang generasi perubahan. Dengan "Lensa", semoga apa yang Anda cari dapat ditemukan. Semoga Anda nyaman.

Breaking News

Selasa, 08 Desember 2015

Sensor Kamera Pixy CMUcam 5 untuk Arduino

Pixy CMU cam 5

            Pixy CMU Cam 5 merupakan image sensor dengan prosesor yang powerful yang diprogram untuk mengirimkan informasi berupa data gambar, sehingga mikrokontroler tidak terbebani dengan proses pembacaan data.  Proses pengiriman data pada Pixy CMU cam 5 dapat dilakukan dengan berbagai jalur komunikasi data, diantaranya UART serial, SPI, I2C, digital out maupun analog out. Pixy CMU Cam 5 juga menggunakan warna dan saturasi sebagai sasaran utama pada pendeteksi gambar. Ini berarti bahwa pencahayaan atau exposure tidak akan mempengaruhi deteksi sensor pada suatu objek. Sensor ini juga mampu mengingat tujuh warna yang berbeda, menemukan ratusan benda pada saat yang sama dengan kecepatan 50 fps. Pixy CMU cam 5 memiliki aplikasi open source yang disebut PixyMon. Setiap Pixy CMUcam 5 dilengkapi dengan 6 – 10 pin kabel IDC.
Gambar x.x Pixy CMUcam 5
( Sumber : www.adafruit.com)
Mikrokontroler
            Pixy dapat dengan mudah terhubung ke banya kontoler yang berbeda karena mendukung beberapa pilihan antarmuka (serial UART, SPI, I2C, USB, atau digital keluaran/analog), tetapi Pixy pertama-tama dikembangkan untuk dapat berkomunikasi dengan Arduino. Selama beberapa bulan terakhir Pixy telah dikembangkan dengan menambahkan dukungan untuk Arduino Due, Raspberry Pi, dan BegleBone Black. Library software telah disediakan untul semua platform shingga proses pemrograman dapat berjalan dengan mudah dan cepat. Selain itu pada Pixy juga disediakan API Python jika menggunakan kontroler berbasis Linux (misalnya Raspberry Pi, BeagleBone).


Purple Dinosaur (Dan Objek Lainya)
Pixy menggunakan algoritma berbasis penyaringan warna untuk mendeteksi benda-benda. Metode penyaringan berdasarkan warna yang populer karena cepat, efisien, dan relatif kuat. Penyaringan warna yang biasa dikenal menggunakan RGB (merah, hijau, dan biru) untuk mewakili warna. Pixy menghitung warna (hue) dan saturasi dari setiap pixel RGB dari sensor gambar dan menggunakan inti sebagai perameter penyaringan utama. Perubahan pencahayaan dan paparan dapat memiliki frustating effect pada algoritma penyaringan warna.
Seven Colour Signature
Pixy dapat mengingat ingat hingga 7 signature warna yang berbeda, yang berarti bahwa jika memiliki 7 objek yang berbeda dengan warna yang unik, algoritma warna penyaringan Pixy tidak akan memiliki masalah mengidentifikasi hal tersebut. Jika membutuhkan lebih dari tujuh, maka dapat menggunakan kode warna.
Objek
Pixy dapat menemukan ratusan benda pada suatu waktu. Ini menggunakan algoritma komponen yang terhubung untuk menentukan di mana satu objek dimulai dan berakhir lain. Pixy kemudian mengkompilasi ukuran dan lokasi dari setiap objek dan laporan mereka melalui salah satu interface (misalnya SPI).
Deteksi Gambar Hingga 50 frame per detik
Pixy memproses seluruh bingkai 640x400 gambar setiap 1/50 detik (20 milidetik). Ini berarti bahwa Anda mendapatkan update lengkap posisi semua objek terdeteksi 'setiap 20 ms. Pada tingkat ini, pelacakan jalan jatuh / memantul bola adalah mungkin. (Sebuah bola bepergian pada 30 mph bergerak kurang dari satu kaki di 20 ms.)

Spesifikasi PixyCMUcam 5
·         Processor : NXP LPC4330, 204 MHz, dual core
·         Image sensor : Omnivision, OV9715, ¼”, 1280x800
·         Lens field-of-view : 750 horizontal dan 470 vertikal
·         Tipe Lensa : standard M12 (several different types available)
·         Konsumsi daya : 140mA
·         Power input : USB input (5V) atau unregulate input (6V sampai 10V)
·         RAM : 264 Kb
·         Flash : 1 Mb
·         Available data output : UART serial, SPI, I2C, USB, digital, analog
·         Dimensi : 2,1” x 2,0” x 1,4”
·         Berat : 27  gram
Gambar x.x Bagian-Bagian Pixy CMUcam 5
( Sumber : http://cmucam.org/)


11 komentar:

  1. Admin.. saya mau nanya.. untuk program mikro didalam kamera cmucam 5 ini sudah tertanam? Apa kita beli pertama sudah ada programnya apa blm ?
    Kalo belum bahasa apa yg digunakan dan apa app untuk menanam ke dalam sensor ini?
    Terimakasih sebelumnya admin..

    BalasHapus
  2. Untuk cmucam 5 ini firmwarenya sudah tertanam di mikroprosesornya, pake arm. buat settingnya sudah ada software bawaanya, datanya bisa langsung diakses dengan komunikasi SPI, UART, atau I2C.

    BalasHapus
  3. Mas mau nanya, adakah tips untuk mengubah dariwidth dan height yg terbaca oleh pixy menjadi jarak??
    Terimamasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Mas mau nanya, adakah tips untuk mengubah dariwidth dan height yg terbaca oleh pixy menjadi jarak??
    Terimamasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. mas gmn program serial uartnya menggunakan bahasa assembly??

    BalasHapus
  6. cara akses pixy nya ngga ada mas?

    BalasHapus
  7. barang nya ini diamana ya yg jual om ?

    untuk pendeteksi wajah bias kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tokopedia bnyak gan, agak mahal tapi
      Bisa, tapi akan rumit di pengolahan datanya

      Hapus
  8. mau nanya ni min tau algoritma pixy saat mendeteksi object?

    BalasHapus
  9. Deteksi nya bisa di set lewat software gan, pixymon softwarenya
    untuk deteksinya objek bisa pakai arduino, sudah ada library nya

    BalasHapus
  10. Kalo algoritma pixy di python bisa ga ya gan? Terus bisa ngasih info berupa koordinat benda ke motor servo di lengan robot bisa ga ya? Makasih.. Mohon balasannya gan :))

    BalasHapus

Designed By